23 Februari 2009

Waspadai Ginjal Anda!

Aktivitas yang terlalu sibuk di kantor tak jarang membuat Anda lupa minum air. Ditambah lagi dengan ruang kerja ber-AC membuat Anda jarang merasa haus. Inilah yang kerap kali menjadi pencetus gangguan ginjal.

Kita tahu bahwa ginjal merupakan organ penting manusia. Tetapi tak banyak yang mengenal ginjal secara mendalam.

Yang sering terjadi, banyak penyakit ginjal tidak terdeteksi. Tiba-tiba ketika seseorang mengidap penyakit itu dan mengalami gejalanya, maka sudah berada pada tingkat pertengahan hingga kronis.

Ginjal dalam tubuh berfungsi sebagai alat filtrasi, yakni mengeluarkan kelebihan garam, air, dan asam. Selain itu juga mengatur elektrolit dalam tubuh kita dan membuang sisa metabolisme tubuh.

Biasanya penyakit ginjal yang terjadi pada manusia diawali dengan gangguan pembuluh darah, sebelum masuk ginjal yang ditandai dengan dengan hipovolemia, sindroma hepatorenal, gangguan pembuluh darah, dan sepsis sistemik.

Biasanya gangguan pada ginjal ditandai dengan nyeri perut dan diare, capek, lemas, mual dan muntah, sukar berkonsentrasi, produksi urin menurun, serta edema.

Pengobatan penyakit ginjal akut dapat dilakukan dengan melakukan konsultasi dengan ahlinya (nefrologist atau urologist) baik dengan penyembuhan primer maupun sekunder.

Gagal ginjal dapat dicegah melalui pemeriksaan kesehatan rutin, termasuk pemeriksaan urin dan darah. Selain itu juga mengonsumsi air yang cukup, menghindari konsumsi jamu atau herbal yang tidak jelas, menghindari konsumsi obat-obatan sembarangan, serta segera mengoreksi gangguan ginjal seperti batu, prostat, dsb. [L1]

Sumber : INILAH.COM

1 komentar:

  1. lu tu ndra kl dikantor kayaknya minumnya minim bgt..takut kembung atau takut gendut kyk gw..heeeeeee....

    BalasHapus

Sampaikan komentar dan saran yang membangun ya, terimakasih.